PEMBAHASAN HURUF TA’RIF.


PEMBAHASAN HURUF TA’RIF  ( HURUF YANG MEMA’RIFATKAN )

DEFISINI :

Huruf ta’rif adalah Alif Lam yang berfungsi mema’rifahkan suatu kalimat. Manakala menurut Imam Sibawaih :

Huruf ta’rifnya adalah Lam saja, sedangkan hamzahnya merupakan hamzah washal dan huruf ziyadah untuk menolong mengucapkan huruf yang mati. Contoh :

Lafaz – اَلْمَنَطُ .

PEMBAHAGIAN – لْ أَ -TA’RIF

Pembahagian maknanya Al Ta’rif yaitu :

1-Al lil Ahdiyyah

Ada tiga pembahagian Alif Lam Lil Ahdi :

a.  Alif Lam Lil Ahdi Dzihni

Yaitu apabila kalimah yang diikuti oleh alif lam itu telah ada dalam benak @ pengetahuan seseorang tanpa harus diungkapkannya.

Seperti – إِذ هُمَا فِي الْغَارِ

( Ketika keduanya berada di gua itu).

Maksudnya semua sedia maklum dan tahu, bahwa gua yang dimasuki dua orang itu ( Rasulullah dan Abu Bakar ) adalah Gua Tsur.

 

b. Alif Lam Lil Ahdi Dzikri

Yaitu kalimah yang  kemasukkan AL sudah disebutkan ucapan itu sebelumnya.

Seperti : جَاءَنِي رَجُلٌ فَأَكْرَمْتُ الرَّجُلَ  ( Aku telah bertemu dengan seorang lelaki maka aku memuliakan orang itu )

c. Alim Lam Lil Ahdi Khudhuri

Yaitu apabila kalimah yang kemasukkan Al perkaranya itu hadir (ada).

Seperti :  أَكْرَمْتَ الرَّجُلَ   ( Aku memuliakan lelaki [ yang hadir ] itu ).

اَلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ   ( Pada hari ini [ hari Arafah ] telah aku sempurnakan bagimu agama kamu )

2-Al-Jinsiyyah

Yang terbahagi dua pembahagian yaitu – al-Istighroqiyyah dan al-Haqiqoh

a. Al-Istighroqiyyah

Al-Istigroqiyyah ini terbahagi kepada dua bahagian pertama – Istigroqil Jinsi, dan kedua Istigroqil Afrod.

Pertama : Istigriqil Jinsi

Yaitu alif lam al-Istigroqil jinsi adalah tanda alif Lam pada istighraqiyyah tersebut layak didatangkan lafaz kullun ( كُلٌّ )  pada kalimah yang didatangkan dengan alif Lam tersebut yaitu Al-Hamdu (segala puji itu) maka tamsilkan contoh yang lain agar kita  jelas yaitu خُلِقَ الإِنْسَانُ ضَعِيْفًا  ( setiap individu manusia itu diciptakan dalam keadaan lemah), mk diketegorikan ia istighraq afrad jinsiy (mencakup individu jenis ). Dalam erti kata yang lain ( dijadikan setiap individu manusia itu hal kedaan lemah ).

Kedua : Istigroqil Afrod

Yaitu apabila tempatnya Al boleh ditempatkan lafaz ( كُلٌّ ) secara Majaz. Istigroqil ini mencakupi individu khusus.

Seperti  –أَنْتَ الرَّجُلُ عِلمًا  ( kamu seorang lelaki yang sempurna ilmunya ) . ( diucapkan كُلُّ الرَّجُلُ –   ).

b. Al-Haqiqoh

Untuk mengisyaroji pada haqiqat suatu perkara yang hadir didalam hati tanpa memandang pada masing-masing individu (afrod) , dan lafaz yang dimasuki AL sama maknanya dengan alam jinis

Seperti contoh : الرَّجُلُ خَيْرُ مِنَ المَرْأَةِ  ( Haqiqat seorang laki-laki itu lebih baik dibanding perempuan ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s