Bawang Putih – Manfaat untuk kesehatan.


.

Manfaat bawang putih – Salah satu jenis bawang selain bawang merah, bawang bombai, adalah bawang putih. Bawang putih sudah menjadi bumbu dalam setiap masakan, dan katanya bawang putih ini merupakan kunci masakan biar jadi tambah mantap.

Tapi tidaklah salah, masakan tanpa bawang putih jadi kurang mantap.

Balik lagi ke khasiat bawang putih, selain dalam dunia kuliner dalam dunia pengobatan bawang putih juga mempunyai peranan penting. Bawang putih mengandung senyawa alicin, senyawa Alicin berkhasiat menghancurkan pembekuan darah dalam ateri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain Alicin, bawang putih juga mengandung alil yang berkhasiat memerangi penyakit – penyakit degeneratif dan mengaktifkan sel – sel baru.

Berikut khasiat – khasiat bawang putih untuk kesehatan :

Mengobati Disentri

Caranya : Kupas 2 siung bawang putih dan cuci bersih, kemudian rebus dengan segelas air dan minum 3 kali sehari sebelum makan selama 2 – 3 hari.

Mengobati Sakit Maag

Caranya : Kunyah bawang putih laki – laki ( bawang putih yang tumbuh sendiri, tunggal tidak bergerombol ) 3 kali sehari.

Mengobati Nyeri Haid

Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih sambil minum 2 sendok makan air hangat. Dan lakukan 2 kali sehari.

Mengobati Bronchitis

Caranya : Lumatkan 30 g bawang putih yang telah di kupas kemudian campurkan dengan gula batu dan segelas air hangat. Diamkan selama 5 – 6 jam lalu minum 1 sendok makan setiap hari.

Mengobati Asma

Caranya : Lumatkan 3 siung bawang putih kemudian beri 1 sendok makan madu dan gula batu yang sudah di cairkan secukupnya. Campurkan semua bahan hingga merata dan minum setiap hari hingga sembuh.

Mengobati Migrain

Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih dan telan sambil minum air hangat, lakukan 3 kali sehari.

Mengobati Hipertensi

Caranya : Kunyah 2 – 3 siung bawang putih, lalu di telan sambil minum air hangat dan lakukan 3 kali sehari.

Mengeluarkan Duri, serpihan kaca

Caranya : Lumatkan bawang putih dan tempelkan pada bagian yang terkena serpihan kaca atau duri.

.

Minum Anjing

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَا رَجُلٌ بِطَرِيقٍ اشْتَدَّ عَلَيْهِ الْعَطَشُ فَوَجَدَ بِئْرًا فَنَزَلَ فِيهَا فَشَرِبَ ثُمَّ خَرَجَ فَإِذَا كَلْبٌ يَلْهَثُ يَأْكُلُ الثَّرَى مِنْ الْعَطَشِ فَقَالَ الرَّجُلُ لَقَدْ بَلَغَ هَذَا الْكَلْبَ مِنْ الْعَطَشِ مِثْلُ الَّذِي كَانَ بَلَغَ مِنِّي فَنَزَلَ الْبِئْرَ فَمَلَا خُفَّهُ مَاءً فَسَقَى الْكَلْبَ فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ فَغَفَرَ لَهُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّه وَإِنَّ لَنَا فِي الْبَهَائِمِ لَأَجْرًا فَقَالَ فِي كُلِّ ذَاتِ كَبِدٍ رَطْبَةٍ أَجْرٌ

Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Sumayya, maula Abu Bakar dari Abu Shalih As-Samman dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu

 bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Ada seorang laki-laki yang sedang berjalan, lalu dia merasakan kehausan yang sangat. Kemudian dia dapatkan sebuah sumur lalu dia turun ke sumur itu lalu minum dari air sumur tersebut.

Kemudian dia keluar ternyata didapatkannya seekor anjing yang sedang menjulurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan. Orang itu berkata: anjing ini sedang kehausan seperti yang aku alami tadi.

Maka dia (turun kembali ke dalam sumur) dan diisinya sepatunya dengan air dan sambil menggigit sepatunya dengan mulutnya dia naik keatas lalu memberi anjing itu minum.

Kemudian dia bersyukur kepada Allah maka Allah mengampuninya.

Mereka bertanya: 

Wahai Rasulullah, apakah kita akan dapat pahala dengan berbuat baik kepada hewan?

 Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab:

 Terhadap setiap makhluq bernyawa diberi pahala.

 HR-Imam Bukhari rahimahullah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s