Merokok seni&keindahannya.


.

Pemerintah federal di Amerika meluncurkan peraturan baru tentang peringatan kesehatan bergambar yang lebih berani dan menakutkan pada iklan dan bungkus rokok. Ke-9 peringatan bergambar pada bungkus rokok itu sudah diluncurkan.

Sembilan label peringatan bergambar di bungkus rokok telah diresmikan oleh Food and Drug Administration. Ke-9 peringatan bergambar baru tersebut tampak lebih besar, lebih terbaca dan grafis yang menggambarkan konsekuensi bahaya kesehatan dari merokok.

“Dengan peringatan ini, setiap orang yang mengambil sebungkus rokok akan tahu persis risiko apa yang bisa ambil,” Kathleen Sebelius, Sekretaris Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat, seperti dilansir CNN, Rabu (22/6/2011).

Sebelius menyebutkan merokok dan penggunaan tembakau lainnya adalah penyebab kematian nomor satu yang dapat dicegah di Amerika. Ia mengklaim rokok telah menyebabkan kematian lebih dari 440.000 jiwa per tahun.

Bungkus rokok Amerika yang baru kini akan menampilkan warna gambar hidup dan dengan salah satu peringatan dari bahaya merokok, yaitu:

1. Rokok adalah candu (Cigarettes are addictive)
Peringatan ini memuat gambar pria yang sedang merokok, tapi asap rokok bukan keluar dari hidung melainkan dari lehernya yang bolong.

2. Asap tembakau dapat membahayakan anak-anak (Tobacco smoke can harm your children)
Peringatan ini memuat gambar seorang bayi yang sedang digendong ibunya yang disekelilingnya penuh asap rokok.

3. Rokok menyebabkan penyakit paru-paru fatal (Cigarettes cause fatal lung disease)
Peringatan ini memuat gambar perbandingan paru-paru sehat dan paru-paru yang rusak akibat rokok.

4. Rokok menyebabkan kanker (Cigarettes cause cancer)
Peringatan ini memuat gambar gigi dan bibir yang rusak karena kanker mulut.

5. Rokok menyebabkan stroke dan penyakit jantung (Cigarettes cause strokes and heart disease)
Peringatan ini memuat gambar pria yang memakai alat bantu oksigen untuk menyelamatkan hidupnya akibat serangan jantung.

6. Merokok selama kehamilan dapat membahayakan bayi (Smoking during pregnancy can harm your baby)
Peringatan ini memuat gambar bayi baru lahir yang dimasukkan dalam inkubator karena kondisinya kritis.

7. Merokok dapat membunuh Anda (Smoking can kill you)
Peringatan ini memuat gambar pria yang sudah menutup mata dengan dada yang penuh jahitan operasi.

8. Asap tembakau menyebabkan penyakit paru-paru fatal pada non-perokok (Tobacco smoke causes fatal lung disease in nonsmokers)
Peringatan ini memuat gambar perempuan yang menangis histeris karena harus menanggung sakit paru-paru akibat menghisap asap dari perokok aktif.

9. Berhenti merokok sekarang sangat mengurangi risiko serius bagi kesehatan Anda (Quitting smoking now greatly reduces serious risks to your health).
Peringatan ini memuat gambar pria berkepala plontos yang terlihat bugar karena berhenti merokok.

Label peringatan bergambar tersebut direncanakan harus ada pada bungkus rokok pada bulan September 2012 dan akan mencakup bagian atas dari bungkus rokok, di kedua sisi depan dan belakang. Setidaknya 50 persen bungkus rokok harus tertutupi gambar seram tersebut.

Selain itu, peringatan harus mencakup minimal 20 persen dari iklan rokok. Iklan kecil kurang dari 12 inci (30 cm) tidak memerlukan cakupan 20 persen, tetapi masih harus memiliki peringatan.

Masing-masing peringatan juga akan memiliki nomor telepon 1-800-QUIT-NOW agar perokok bisa melakukan panggilan untuk mendapatkan bantuan jika mereka ingin berhenti merokok.

By : Sumber Naskah

[ رَبَّنَا هَبْ لَنَ مِنْ أَزْوَاجِـنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةً أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا ]

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَاللَّهِ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu’aib dari Az Zuhri dia berkata;

telah mengabarkan kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman dia berkata;

Abu Hurairah berkata;

saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Demi Allah, sesungguhnya aku beristighfar (meminta ampunan) dan bertaubat kepada Allah dalam satu hari lebih dari tujuh puluh kali.”

HR-Imam Bukhari rahimahullah

Merokok menurut Ulama

Meski tidak ada ayat Alquran, hadits Nabi Muhammad SAW dan pendapat ulama empat mazhab yang menyatakan rokok sebagai barang haram, ulama Quraish Shihab punya alasan yang menguatkan pendapatnya bahwa rokok cenderung haram, seperti yang disampaikannya kepada detikcom, Rabu (24/10/2007).

Rokok, menurut Quraish, memiliki dampak yang teramat buruk untuk kesehatan dan hal itu tidak sesuai dengan tujuan keberagamaan. Padahal tujuan keberagamaan adalah memelihara kesehatan, akal, harta benda, dan kehormatan.

“Hukum Islam bisa ditetapkan sesuai zaman. Kalau ada yang dampaknya buruk, jelas dilarang. Jika tidak terlalu, istilahnya makruh atau tidak disenangi,” kata dia.

Dalam perkembangan dewasa ini, kata dia, sudah banyak pakar dan dokter yang menyatakan, merokok bisa mengganggu kesehatan. “Bahkan perusahaan-perusahaan rokok pun mengakuinya. Kalau tidak tentu tidak akan dibuat pernyataan di (kemasan) rokok,” kata dia.

Selain itu, rokok menyebabkan pemborosan. Biaya untuk mengobati penyakit yang diakibatkan rokok jauh lebih besar dibandingkan keuntungan pajak yang diperoleh pemerintah.

Merokok, lanjut dia, juga mengantarkan orang pada kecanduan dan agama tidak merestui adanya kecanduan. “Berdasarkan pertimbangan itulah ulama kontemporer banyak yang menyatakan merokok haram. Saya sendiri menilai cenderung haram. Hanya pemborosan, menyebabkan penyakit, dan itu diakui sendiri oleh pabrik rokok,” ujarnya.

Karena itu, sudah saatnya pemerintah menggiatkan kembali kampanye anti rokok yang melibatkan semua pihak. “Media harus terlibat, ulama terlibat, pemerintah juga,” kata dia. Selain itu, aturan merokok juga harus makin diperketat. “Sanksi juga harus diperketat, selama ini tidak terlalu tegas,” kata Quraish.

Ulama-ulama kontemporer telah jauh-jauh hari menilai rokok sebagai barang haram. Imam terbesar Al-Azhar Mesir pada tahun 1960-an, Syaikh Mahmud Syaltut menilai pendapat yang menyatakan bahwa merokok adalah makruh bahkan haram, lebih dekat pada kebenaran dan lebih kuat argumentasinya. Syaikh Muhammad Al-Kuttani menyebut 17 dalil/alasan tentang keharaman merokok. (umi/asy/detik)

2 thoughts on “Merokok seni&keindahannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s