ROKOK ITU HARAM


Haramnya Rokok = merusak kesehatan = Membunuh diri pelah-pelan/Rokok Juga Bisa Memancarkan Radiasi

.

Jakarta, Selama ini masyarakat hanya tahu bahwa Radiasi bisa dipancarkan dari Telepon Seluler atau pusat Nuklir. Tapi bagi orang yang merokok sebaiknya juga waspada, karena Rokok bisa mengeluarkan Radiasi

Meskipun hingga kini belum diketahui pasti dari senyawa apa sumber paparan Radiasinya, tapi perokok akan menghirup bahan Radioaktif tersebut secara terus menerus yang pada nantinya akan memberikan kontribusi dosis Radiasi yang besar untuk merusak Paru-parunya.

Secara alami Mineral Radioaktif terakumulasi pada permukaan lengket dari daun tembakau saat tanaman tersebut tumbuh, dan mineral ini umumnya akan tetap berada dalam daun tersebut selama proses manufaktur.

Selain itu penggunaan Pupuk yang mengandung Timbal dan Polonium untuk tanaman Tembakau akan meningkatkan jumlah Radiasi yang mungkin ada pada Rokok Tembakau, seperti dikutip dari epa.gov, Selasa (17/5/2011).

Asap Rokok juga mengandung Radiasi dari unsur Polonium yang ternyata tingkat kerusakan akibat Rokok ini 7 kali lipat lebih besar dari Sinar X  [ X-Ray ] dan 20 kali lipat dari terapi Radiasi kanker. Terutama jika orang tersebut sudah merokok dalam jangka waktu panjang.

Radium yang terakumulasi dalam tembakau bisa memancarkan Radiasi alfa dan gamma yang bisa menumpuk di Paru-paru perokok selama puluhan tahun. Seiring waktu partikel ini bisa merusak Paru-paru dan menyebabkan Kanker. Hal ini juga berlaku pada perokok pasif yang menghirup asap Rokok.

Radiasi yang dipaparkan dari Rokok ini umumnya tidak memberikan dampak dalam jangka waktu dekat, tapi akan mulai muncul gejala akibat adanya kerusakan di dalam tubuh setelah beberapa tahun kemudian.

Selain Rokok, beberapa hal lainnya juga bisa memancarkan Radiasi seperti Scanner di Bandara, sinar X-Ray untuk memindai tubuh, Mammogram atau CT Scan, tapi umumnya Radiasi yang dipancarkan kecil dan tidak terpapar secara terus menerus.

Hal ini berbeda dengan Radiasi yang berasal dari Rokok dan terpapar secara kontinu serta umumnya sulit untuk dihentikan. Kondisi inilah yang juga harus diperhatikan oleh para perokok.

Puntung Rokok Racun berbahaya.

Kadang perokok suka membuang puntung Rokoknya sembarangan, salah satunya adalah ke laut atau sungai. Namun hal sepele ini bisa sangat berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di laut yaitu ikan.

Saat ini ada 5,6 triliun penduduk dunia yang merokok per tahunnya, dan sekitar 4,5 triliun membuang puntung rokoknya ke luar setelah selesai merokok. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena bisa berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup sekitar.

Semua sampah memang berbahaya, tapi puntung Rokok yang dibuang merupakan salah satu sampah terburuk karena mengandung 4.000 bahan kimia yang sebagian besar berbahaya dan sangat beracun. Bahan-bahan beracun tersebut ada yang secara alami sudah terdapat di tembakau dan ada juga yang ditambahkan dalam pembuatan Rokok.

Studi yang dipimpin oleh Eli Slaughter dari San Diego State University Graduate School of Public Health dan hasilnya sudah dipublikasikan dalam jurnal Tobacco Control ini berusaha menemukan jenis racun yang bisa merugikan tersebut.

Slaughter dan tim mematahkan sampah Rokok dalam 3 kategori yaitu Filter Rokok yang tersisa, Filter Rokok yang terbakar dan Filter Rokok yang tidak terbakar yang semuanya mengandung bahan kimia. Sampel ini lalu direndam dalam 2 liter air dengan jumlah putung Rokok yang berbeda-beda. Setelah 24 jam puntung Rokok diangkat dan dimasukkan beberapa ikan.

Dalam studi ini peneliti memilih dua jenis ikan yaitu ikan topsmelt dan fathead minnow. Slaughter dan tim mencari nilai LC50, yaitu limit konsentrasi dari puntung rokok dalam air yang bisa membunuh 50 persen sampel.

Dari ketiga potongan rokok itu diketahui filter yang masih mengandung tembakau adalah bagian yang paling mematikan dengan nilai LC50 sebesar 1 puntung rokok per liter. Hasil ini cukup mengagetkan para peneliti, seperti dikutip dari Ecocentrics.Time.com, Senin (9/5/2011).

Peneliti mengungkapkan hampir seluruh bagian Rokok berbahaya, bagian Filter Rokok yang menahan Rokok terbakar sempurna juga mengandung bahan kimia, dan bagian ujung dari Rokok yang terbakar kemungkinan masih mengandung Aseton, Formaldehid, Benzena, Hidrogen Sianida dan Argon.

Meskipun risiko yang mungkin ditimbulkan rendah namun harus tetap memperhitungkan faktor bioakumulasi. Konsentrasi dari racun ini akan meningkat jika ikan yang besar mengonsumsi ikan-ikan kecil di perairan sehingga jumlah bahan kimia yang terakumulasi di dalam tubuh meningkat dan masuk dalam rantai makanan.

Untuk mencegah kematian ikan dan bertambahnya jumlah bahan kimia beracun sebaiknya hentikan kebiasaan melempar puntung Rokok ke laut atau sungai. Dan cara terbaik untuk mengindari hal tersebut adalah dengan berhenti merokok sama sekali.

Perokok Pasif Rentan Kecanduan Nikotin

Selama ini hanya perokok aktif yang diketahui berisiko mengalami kecanduan terhadap Nikotin. Tapi studi terbaru menunjukkan bahwa perokok pasif juga rentan kecanduan Nikotin.
Terpapar asap Rokok misalnya di dalam ruang yang sama akan memiliki dampak langsung yang terukur di otak, dan efek yang muncul mirip seperti yang terjadi pada otak orang yang merokok.
Studi yang didanai oleh National Institute on Drug Abuse (NIDA) mengungkapkan bahwa paparan asap Rokok ini bisa membuat orang kecanduan atau membangkitkan keinginan yang sama seperti perokok. Hasil studi ini sudah diterbitkan dalam Archives of General Psychiatry pada 1 Mei 2011.

Penelitian ini menggunakan alat positron emission tomography (PET) yang menunjukkan bahwa satu jam terpapar asap Rokok di dalam ruang tertutup sudah cukup bagi Nikotin untuk mencapai otak dan mengikat reseptor yang biasanya ditargetkan oleh perokok. Diketahui hal yang sama tersebut terjadi pada otak perokok maupun nonperokok.

Dalam studi sebelumnya telah diketahui bahwa paparan asap Rokok pada perokok pasif bisa meningkatkan kemungkinan anak menjadi perokok pada remaja dan membuatnya lebih sulit untuk berhenti merokok saat dewasa. Hubungan tersebut menunjukkan bahwa kerja asap Rokok di otak bisa mempromosikan perilaku merokok.

” Paparan asap Rokok yang terbatas sudah cukup membuat Nikotin mencapai otak dan mengubah fungsinya. Paparan yang kronis dan parah bisa meningkatkan kadar nikotin di otak yang meningkatkan kerentanan terhadap kecanduan Nikotin,” ujar Direktur NIDA, Nora D Volkow, MD, seperti dikutip dari ScienceDaily, Selasa (3/5/2011).

Selain itu perokok pasif juga berisiko mengalami penyakit jantung, kanker paru-paru, kondisi serius pada anak termasuk sindrom kematian bayi mendadak, infeksi pernapasan serta asma yang parah.

” Hasil studi ini memberikan bukti nyata untuk mendukung kebijakan larangan merokok di tempat umum, khususnya di ruang tertutup dan di sekitar anak-anak serta ibu hamil,” ujar Arthur Brody, MD dari UCLA Department of Psychiatry & Biobehavioral Sciences.

Tegucigalpa, Honduras, Berbagai negara di seluruh dunia makin ketat mengawasi rokok, bahkan ada yang membatasi rokok di lingkungan privat seperti rumah pribadi. Asal ada yang melaporkan, polisi tak segan-segan mendatangi rumah si perokok untuk menangkapnya.

Sebuah negara di Amerika Tengah, Honduras baru-baru ini menetapkan aturan ketat bagi perokok. Mulai Senin 21 Februari 2011, siapapun yang keberatan jika ada anggota keluarganya yang merokok boleh melapor dan polisi akan menangkap si perokok.

Peringatan lisan akan diberikan 1 kali, jika tidak digubris maka si perokok akan dijebloskan ke tahanan. Agar bisa bebas, ia harus membayar dengan US$ 311 atau sekitar Rp 2,8 juta ( kurs 9.000/US$ ), setara dengan upah minimum dalam sebulan di negara tersebut.

Rony Portillo, direktur Institute to Prevent Alcoholism and Drug Addiction mengatakan kebijakan ini diambil untuk menekan jumlah perokok. Saat ini diperkirakan, jumlah perokok di Honduras mencapai 30 persen jumlah penduduk atau sekitar 2,5 juta.

Dampak dari asap rokok tentu tidak hanya dirasakan oleh si perokok aktif, tapi juga anggota keluarganya yang terpaksa menjadi perokok pasif di rumah. Apalagi statistik menunjukkan, 9 dari 10 penderita bronkitis akut di Honduras tinggal serumah dengan perokok aktif.

“Aturannya sekarang sudah jelas dan siapapun harus mematuhinya. Pihak berwajib tidak akan tinggal diam jika ada laporan masuk,” ungkap Portillo seperti dikutip dari AFP, Selasa (22/2/2011).

Selain membatasi rokok di rumah pribadi, Honduras juga melarang warganya merokok di tempat-tempat umum termasuk restoran dan klub malam. Jika ada pengelola restoran atau klub malam yang mengizinkan pengunjungnya merokok, maka dendanya adalah US$ 1.000-3.000 atau sekitar Rp 9-27 juta.

Meski begitu, beberapa pihak meragukan aturan baru itu akan efektif dijalankan. Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 8 juta jiwa dan tingkat kriminalitas yang tinggi, polisi Honduras yang jumlahnya hanya 12.000 personel diyakini tak akan sanggup mengurusi para perokok apalagi sampai ke rumah-rumah.

Tentang bahaya rokok pada umumnya saya rasa sudah banyak yang tahu, apalagi bagi orang yang tiap hari menghisap rokok, soalnya kan dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini. MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN,

Tapi anehnya meski pada bungkus atau kemasan rokok sudah tercantum tulisan tentang bahaya rokok yang sangat menakutkan, tetap saja banyak yang merokok.

Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif ( polonium-201 ) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat ( acetone ), pencuci lantai ( ammonia ), obat ngengat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi pesalah yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan merokok

Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita
rokok dapat menyebabkan

Kanker pundi kencing,
Kanker perut,
Kanker usus dan rahim ,
Kanker mulut ,
Kanker Esofagus,
Kanker tekak,
Kanker pankrias,
Kanker payudara,
Kanker paru-paru,
Penyakit saluran pernafasan kronik
Stroke,
pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
Penyakit jantung,
Kemandulan,
Putus haid awal,
Melahirkan bayi yang cacat
Keguguran bayi,
Bronkitis,
Batuk,
Penyakit ulser peptik,
Emfisima,
Otot lemah,
Penyakit gusi,
Kerusakan mata
Yang tersebut diatas adalah bahaya Rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya Rokok.

Sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap Rokok, tetapi menghisap asap Rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.

Di bawah ini merupakan bahaya asap Rokok bagi perokok pasif.
Meningkatkan risiko :

Kanker paru-paru , Penyakit jantung
Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
Sakit atau pedih mata
Bersin dan batuk-batuk
Sakit kerongkong
Sakit kepala

Zat yang terkandung dalam asap Rokok adalah :

2 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
3 kali lebih banyak tar
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya

Keguguran janin
Tumbesaran janin terencat – 30% lebih tinggi
Kematian janin dalam kandungan
Pendarahan dari uri (abruption placenta)
Berat badan berkurang – 20 hingga 30%

Bahaya asap rokok terhadap bayi

Masalah dan penyakit pernafasan
Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan
Jangkitan telinga
Leukeamia
Kanker otak 22%
Cepat lelah
Sindrom kematian secara mendadak

Berita teknologi terbaru.  Ada sebuah temuan baru mengenai bahaya rokok yang begitu mengerikan, lebih dari tulisan yang ada di bungkus rokok.  Para Ilmuan AS dalam penelitian lebih lanjut tentang bahaya rokok, mereka menemukan temuan yang sangat menakutkan, yaitu bahwa zat yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan kerusakan gen dalam hitungan menit. berdasarkan kutipan dari okezone via abc science, Mereka mengatakan bahwa menghisap rokok dalam hitungan menit bisa menyebabkan kerusakan gen yang berhubungan dengan kanker. Selain itu para imuan juga mengatakan bahwa pengaruhnya pun sangat cepat, sama seperti ketika menyuntikan zat substansial langsung ke aliran darah.

Penelitian ini adalah pertama kalinya yang melacak seberapa cepat efek zat substansi di tembakau pada kerusakan DNA. Penelitian ini ada di jurnal Chemical Research in Toxicology, yang diterbitkan oleh American Chemical Society.

Dengan menggunakan 12 perokok sukarelawan, para ilmuwan melacak polutan yang disebut PAH atau polycyclic aromatic hydrocarbon, yang ada di asap tembakau, yang mana juga bisa ditemukan di batu bara.

Para ilmuwan tersebut mengikuti satu jenis zat, yakni phenanthrene, yang ditemukan dalam asap rokok, melalui darah. Para ilmuwan melihat bahwa phenanthrene membentuk sebuah substansi racun yang dikenal sebagai sampah DNA.

Sampah DNA, menyebabkan mutasi, yang mana bisa menyebabkan kanker,” ujar Profesor Stephen Hect, penulis dari studi tersebut.

Para perokok mengembangkan tingkat maksimum dari substansi dalam waktu yang mengejutkan para ilmuwan: hanya 15 sampai 30 menit setelah mereka selesai merokok,” imbuhnya.

Wassalam

[ رَبَّنَا هَبْ لَنَ مِنْ أَزْوَاجِـنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةً أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا ]

.

Renungan

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ سَالِمًا أَخْبَرَهُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

 Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari ‘Uqail dari Ibnu Syihab bahwa Salim mengabarkannya bahwa Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhuma mengabarkannya bahwa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzhaliminya dan tidak membiarkannya untuk disakiti. Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya. Siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari qiyamat. Dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya pada hari qiyamat.


 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s