Sejarah dan Keutamaan Ayat Kursi = Al-Baqarah -255.


Abu Hurairah r.a. berkata :

“Rasulullah Saw. telah mewakilkan kepadaku untuk menjaga Zakat Ramadhan. -(dalam mimpiku) Datanglah seseorang mengambil (menyedok) makanan dari hasil zakat , lalu aku mengambilnya kembali dari orang tersebut dan aku berkata, “Sesungguhnya aku akan mengadukan hal ini kepada Rasulullah Saw”.

Kemudian laki-laki itu berkata, “Sesungguhnya aku sedang butuh. Aku mempunyai keluarga, dan aku sedang mempunyai hajat yang mendesak”, lalu ia melanjutkan perkataannya, “aku akan meninggalkan perbuatan ini”.

Pada pagi harinya, Rasulullah Saw,bertanya, “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan tawananmu kemarin ?” .

Abu hurairah r.a. menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengadukan kepada bahwa ia mempunyai keperluan yang sangat mendesak, maka aku mengasihinya dan melepaskannya”.

Rasulullah Saw, berkata “Orang tersebut telah membohongimu, ia akan kembali lagi kepadamu”, aku tahu bahwa ia akan kembali lagi, sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah Saw. maka aku berjaga-jaga untuk kedatangannya.

Untuk keduakalinya laki-laki tadi mengambil makanan (dari hasil zakat) lalu aku mengambilnya kembali dari orang tersebut dan berkata, “Aku akan mengadukan hal ini kepada Rasulullah Saw”.

Kemudian laki-laki itu berkata, “Aku sedang butuh. aku mempunyai keluarga, dan aku sedang mempunyai hajat yang mendesak” – aku akan meninggalkan perbuatan ini”.

Pada pagi harinya Rasulullah Saw, bertanya, “Wahai Abu Hurairah, apa yang dilakukan tawananmu kemarin ?”.

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengadukan bahwa ia mempunyai keperluan yang mendesak, maka aku mengasihinya dan melepaskannya”.

Rasulullah Saw, berkata,”Orang tersebut telah membohongimu, namun ia akan kembali lagi kepadamu”.

Maka akupun berjaga-jaga akan kedatangannya.

Laki-laki tersebut datang lagi dan mengambil makanan (dari hasil zakat). aku mengambilnya kembali dari orang itu dan berkata, “Aku akan mengadukan hal ini kepada Rasulullah Saw, ini ketigakalinya kamu berjanji tidak akan kembali, tapi kamu tetap kembali”.

Laki-laki tersebut berkata, “Biarkan aku mengajarkanmu kalimat yang bermanfaat disisi Allah”.

Lalu aku berkata, “Apa kalimat itu” ,

Ia menjawab, “Jika kamu ingin beranjak ke tempat tidurmu-untuk beristirahat-maka bacalah Ayat Kursi sampai ahir ayatnya, niscaya Allah akan menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu sampai waktu pagi tiba” Akhirnya aku melepaskannya.

Pada pagi harinya, Rasulullah Saw bertanya kepadaku, “Apa yang dilakukan tawananmu kemarin ?”,

Aku menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengajarkan kalimat yang jika aku baca niscaya bermanfaat di sisi Allah, maka aku melepaskannya”.

Lalu beliau bertanya “apa kalimat itu ?”.

Aku menjawab, ” Laki-laki itu berkata kepadaku, ” Jika kamu ingin beranjak ketempat tidurmu, maka bacalah Ayat Kursi-dari awal hingga akhir ayatnya-niscaya Allah senantiasa menjagamu, dan setan tidak mendekatimu sampai pagi hari tiba “,

Lalu Nabi Saw, berkata , ” Orang itu telah berkata benar kepadamu, sekalipun ia seorang pembohong, tahukah kamu siapa yang berbicara kepadamu sejak tiga malam lalu, wahai Abu Hurairah ?”.

Abu Hurairah menjawab, “tidak”,

Beliau menjawab, “Laki-laki itu adalah setan”.

Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah Saw. Bersabda-Didalam Surah Al-Baqarah ( ayat : 255, ) terdapat satu ayat yang merupakan tuan dari Ayat Al Quran. Jika ayat tersebut dibaca didalam rumah yang ada setannya, maka setan itu akan keluar dari rumah tersebut, Ayat itu adalah Ayat Kursi.

Abu Umamah r.a. berkata, “Rasulullah Saw, bersabda : Orang yang tidak putus membaca Ayat Kursi disetiap akhir Shalat semasa hidup mereka, bagi mereka pahala surga”. Wassalam.

Wallahu A’lam

[ رَبَّنَا هَبْ لَنَ مِنْ أَزْوَاجِـنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةً أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا ]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s